Asmaul Husna

Sebagai seorang muslim kita pasti tahu apa sih Asmaul Husna? Namun, apakah kita tahu pelajaran apa yang bisa diambil dari Asmaul Husna tersebut? Melalui tulisan ini, penulis ingin berbagi hikmah yang bisa diambil oleh kita sebagai manusia dari Asmaul Husna yang kita ketahui.

Sebenarnya, jumlah seluruh Asmaul Husna yang dimiliki oleh Allah lebih dari 99 nama (biasanya terdapat pada sampul Mashaf Al Quran). Akan tetapi, yang Allah izinkan untuk diketahui oleh manusia hanya berjumlah 100 nama dengan 99 nama diumumkan untuk seluruh manusia dan 1 nama dirahasiakan terkecuali kepada Nabi Muhammad SAW.

Jika kita artikan dalam bahasa Indonesia, maka nama-nama Allah tersebut memiliki makna-makna yang bersifat positif. Sebagai contoh Ar Rozzaq yang mempunyai arti “yang maha pemberi rizki”. Jika kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari nama Allah Ar Rozzaq tersebut dengan cara meyakini bahwa Allah itu maha pemberi rizki, tidak akan membiarkan seorang hamba-Nya kelaparan, kehausan, bahkan mungkin sampai menyebabkan kematian maka kita akan tetap ber-husnudzdzon kepada Allah sehingga kegiatan pekerjaan yang kita lakukan sebagai syari’at untuk mencari rizkinya tidak akan kita anggap sia-sia walaupun hasilnya jauh dari harapan yang kita inginkan. Demikian pula ketika pemahaman nama Allah Ar Rozzaq tersebut dimiliki oleh orang lain, maka kejahatan yang timbul disebabkan faktor ekonomi tidak akan terjadi ataupun jika masih ada tapi dengan jumlah yang lebih minim.

Itulah salah satu contoh Asmaul Husna Allah yang bisa kita ambil hikmahnya dengan cara meyakini makna yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari. Begitupun Asmaul Husna Allah yang lainnya, ketika bisa mengetahui maknanya maka kehidupan yang kita landaskan terhadap makna tersebut akan berjalan dengan baik sekalipun dengan berbagai hambatan.

Wallahu a’alam bishshowab……………………

2 Balasan ke Asmaul Husna

  1. tmroffi mengatakan:

    Wah, iya tuh, kalo liat cicak dengan nyamuk.
    Bayangin aja, cicak ga bisa terbang, tapi makanannya-nyamuk- bisa terbang dan tetap saja Allah Yang Maha Pemberi Rizki menjaga kelangsungan rizki cicak.

  2. anbarsanti mengatakan:

    meyakini bahwa Allah itu maha pemberi rizki, tidak akan membiarkan seorang hamba-Nya kelaparan, namun juga meyakini bahwa Allah akan memberi Rizki jika hambaNya juga berusaha…

    //karena manusia tidak memperoleh selain apa yang diusahakannya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: