Perubahan Musim

Dua hari ini headline berita di salah satu surat kabar adalah seputar perubahan cuaca yang belum pernah terjadi dalam 100 tahun terakhir di luar negeri khususnya Eropa dan Sebagian Amerika. Di Amerika, badai salju yang melanda menyebabkan ribuan penerbangan dibatalkan, ribuan mobil hampir tertimbun salju, distribusi bahan bakar dan makanan yang terganggu, serta hancurnya rencana liburan Natal dan tahun baru. Tak berbeda dengan Amerika, sebagian daratan Eropa juga mengalami efek yang sama karena turunnya hujan salju yang sangat lebat. Mungkin penggemar BPL lumayan kesal dengan ditundanya beberapa pertandingan minggu kemarin termasuk big match antara MU dan Chelsea karena dua minggu kemarin Negara Inggris terutama London bagaikan kota yang lumpuh. Teman saya yang sedang di Inggris bilang sih suhu udaranya bisa mencapai -20 derajat celcius. Ketika tahu separah itu, rasa ingin bermain di salju pun langsung pudar. Sebelumnya saya sangat tergiur sekali ketika melihat poto teman saya yang sedang bermain di salju, pengen nya….

Penyebab semua itu menurut salah seorang ahli adalah fenomena global warming yang disebabkan oleh ulah manusia sendiri. Yah, seperti pepatah mengatakan, kau yang berbuat kau pula yang merasakan. Itulah kalimat yang pantas untuk manusia saat ini. Saya pernah baca juga bahwa perubahan cuaca di Indonesia adalah penyebab yang paling dominan terhadap cuaca dingin di daratan Eropa dan Amerika tersebut. Biasanya, puncak badai salju tersebut adalah kisaran bulan Januari dan Februari dan tidak separah sekarang. Makanya, ketika liburan Natal dan Tahun baru rencana bepergian pun tidak terganggu. Tapi sekarang, beda lagi ceritanya.

Memang di Indonesia masih belum terasa efeknya secara langsung. Suhu udara masih belum menyentuh titik sedingin di Eropa. Namun perubahan juga sudah terasa. Misalnya di Kalimantan ini. Biasanya hujan yang turunpun hangat, tapi sekarang terasa dingin sekali. Ditambah kadang hujan lebat turun di waktu shubuh. Waduh, bikin males masuk kerja. Yang paling terasa sih saat ini, saya langsung plu setelah kemarin kehujanan sepulang kerja. Bersin yang biasanya hanya dua kali pun sekarang bisa empat kali. Yah, separah apapun musim yang terjadi semoga kita bisa mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Wallahu a’lam

Satu Balasan ke Perubahan Musim

  1. CatatanHatiKu mengatakan:

    Nice…
    Salam…. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: