Praktikum……………..

Tulisan di bawah kira-kira bisa menggambarkan kegiatan praktikum yang selama ini saya lewati…………………………………………..

Praktikum di ITB sebagai salah satu Institut di Indonesia merupakan kegiatan yang mutlal harus dilaksanakan. Dengan praktikum ini, diharapkan para mahasiswa bisa langsung tahu mengenai apapun yang telah dipelajari di kelasnya. Namun, harapan tersebut tidak akan terwujud jika ternyata mahasiswa sebagai objek intinya tidak bisa bertindak berpartisipasi dalam terwujudnya harapan tersebut. Salah satu yang saya maksud di sini adalah tidak adanya kesiapan mahasiswa dalam menghadapi praktikum ini.

Saya yakin (karena merasakan juga) pasti ada dalam satu kelompok praktikum, mahasiswa yang tidak siap dan tidak mengetahui apapun mengenai praktikum yang akan dia lakukan. Ketidaksiapan mahasiswa itu biasanya terlihat dari tingkah dia pas di Lab. Pernah ada seorang mahasiswa (saya sendiri) yang saking dia tidak siapnya dosennya sempat berkata : “Kamu mendengar tidak apa yang tadi saya jelaskan? Baru kali ini saya menemukan mahasiswa setolol kamu”. Ya, pastinya praktikan tersebut langsung tertegun dan merasa memang belum belajar.

Itulah sebagian gambaran keadaan praktikum yang ada di ITB ini. Nah, saya sendiri sampai sekarang masih belum bisa memanfaatkan praktikum ini sebagai media untuk mengaplikasikan seluruh teori yang saya dapatkan di kelas. Bahkan tadi pas praktikum Jaringan Telekomunikasi tentang

Studi Kasus Pembangunan Jaringan Dengan Konsentrasi Pada Media Akses

saya sangat merasa kesulitan. Tapi, kata si asistennya sih kalo modul 2 bisa, berarti inipun harusnya bisa. Ah…….tidak bisa lagi nih, kenapa ya?????????????????????????????

Ada sarans supaya praktikum lebih bermanfaat??

2 Balasan ke Praktikum……………..

  1. Adrian Ateng mengatakan:

    makannya kalo praktikum blajar dulu hehehe.
    (pernah ngerasain disemprot dosen praktikum tingkat 2)

  2. {F4154LMAN} mengatakan:

    “Kamu mendengar tidak apa yang tadi saya jelaskan? Baru kali ini saya menemukan mahasiswa setolol kamu”.

    ahahaha… itu pasti pas praktikum elektro tingkat II ya??😀

Tinggalkan Balasan

