Ulang Tahun

Inilah hari ulang tahun saya yang ke-21. Tidak ada sesuatu yang istimewa di hari ulang tahun ini, tapi dengan berkurangnya masa waktu hidup saya di dunia ini saya semakin sadar bahwa ternyata saya lahir di dunia ini membawa tugas dan tanggung jawab yang sangat besar. Dalam Al Qur’an dimaktubkan bahwa Allah Swt. sebenarnya telah memberikan amanah yang besar kepada langit, bumi, dan gunung-gunung. Namun, dari ketiga pihak yang ditawari tersebut, tidak ada satupun yang menyanggupinya. Dan ketika itu muncullah manusia sebagai pihak yang berani mengemban tugas yang berat tersebut. “Ya Allah jikalau tanpa kekuatan-Mu niscaya aku tidak bisa menggerakan tangan, kaki, badan, dan anggota lainnya untuk terus mensyukuri segala ni’mat yang Engkau berikan padaku. Diri ini hanyalah makhluk yang tidak berdaya, ibadah ini hanyalah irodah yang telah terencana sebelumnya, dan hidup ini hanyalah suatu kisah yang terasa akibatnya kelak di akhirat nanti.” Evaluasi diri tentunya merupakan suatu syarat yang mau tidak mau harus dilakukan. Di tahun kemarin, kuliah yang saya alami bisa dikatakan tidak jelek dan tidak bagus. Dengan nilai IP yang tidak terlalu jelek dan tidak terlalu bagus saya masih bisa membetahkan diri untuk tetap terus menjalani dunia perkuliahan ini. Mungkin jika direfleksikan di tahun sebelumnya, tahun ini saya penuh kegiatan yang terkesan nyampah. Ya Allah maafkanlah hamba-Mu ini……… Ya, ujung-ujungnya mudah-mudahan saya diberi kekuatan oleh Allah untuk bisa selalu berada pada jalan-Nya.. Amin…………………

Tinggalkan Balasan

