Ngobrol dua jam kurangan dengan Pak Waskita

Inilah obrolan yang paling berkesan yang pernah saya alami di lingkungan kampus tercinta ini. Bukan obrolan masalah kuliah, bukan pula obrolan masalah organisasi yang sekarang gencar ramai di kalangan mahasiswa, bukan pula obrolan masalah teknologi terapan dunia elektronika seperti mikrokontroler, dan bukan pula obrolan cewek yang senantiasa menghiasi khidupan anak-anak elektro karena sedikitnya jumlah mahasiswa wanita di jurusan elektro (apalagi Mesin). Obrolan yang berdurasi selama hampir dua jam tersebut sebenarnya dilakukan di Lab Sistem Mikroelektronika di Labtek 8 ITB. Namun, tema obrolan kali ini adalah tema yang paling aktual mengenai keadaan dunia Islam saat ini. Adalah Bapak Dr. Waskita Adijarto (Kepala Lab. Sistem Mikroelektronika) yang mengundang dan menerima saya secara langsung saat itu. Beliau adalah seorang dosen yang empat tahun silam (2004) lalu mengenal seseorang yang memiliki kharisma, berwibawa, taat beribadah, ilmu agama Islam yang kuat, dan tentunya amalan ibadah yang sangat bagus. Beliau meyakini bahwa orang yang dikenalnya tersebut adalah salah satu orang pilihan Allah untuk menjadi seorang Mujaddid.

Pertemuan kami ini diilhami oleh saya sendiri ketika tiap kali sholat di mushola lantai tiga Labtek 8 saya menemui sekelompok orang-orang yang sholat dengan menggunakan seragam yang lengkap (peci, sarung, dan baju koko). Pemandangan yang tidak biasa tersebut terasa tidak asing lagi seiring seringnya saya lalu lalang di lantai tiga tersebut. Alhasil akhirnya saya tahu siapa orang-orang yang sholat dengan pakaian yang rapi tersebut. Ketika saya mampir di himpunan, tidak sengaja saya membuka salah satu website bernama http://kawansejati.ee.itb.ac.id dengan isi yang menarik tentang agama Islam. Setelah saya baca web tersebut saya terasa menemukan sesuatu yang hendak saya cari sebelumnya yaitu mengenai dunia agama Islam yang sangat selaras dengan ajaran yang selama ini saya dapat. Setelah mencari tahu ternyata web tersebut dikelola oleh orang-orang yang sering sholat di lantai tiga dengan pakaian yang rapi. Tak lama kemudian saya mencari tahu apakah Bapak dosen tersebut mempunyai web pribadi. Dan ternyata saya mendapatkan informasi lebih lagi dari web pribadi yang dimiliki Dosen Pak Dr. Waskita ini. Dengan memberanikan diri saya mencoba mengirim email dan bertanya mengenai kajian yang beliau adakan tiap hari sabtu. Saya tidak menyangka beliau akan begitu respek menjawab email yang saya kirim. Dan akhirnya pada hari Minggu, 11 Mei 2008 ditemani teman dekat saya Athiya Mahmuda Hanna saya bisa berdiskusi dengan beliau mengenai segala hal tentang agama Islam yang sebelumnya menjadi daya tarik saya untuk mencari tahu tentang dosen tersebut.

Di awal pembicaraan beliau membuka dengan perkenalan tentang figur Mujaddid Abuya Ashaari. Mujaddid adalah seseorang yang telah dipilih oleh Allah Subhanahuwata’ala untuk bisa memimpin umat Islam yang ada di dunia ini dengan menebarkan prinsip-prinsip ajaran Islam ke seluruh aspek kehidupan manusia baik ibadah tentunya ataupun kegiatan lainnya. Allah Subhanahuwata’ala memilih satu orang Mujaddid tiap 100 tahun sekali. Dan Abuya Ashaari ini pada saat masa da’wahnya memang berada tepat di awal abad dalam perhitungan tahun hijriah. Dengan disertai ciri-ciri yang lainnya seperti ilmu agama Islam yang kuat, kharisma yang tinggi, dan tentunya khidupan yang bernuansa Tasawuf, Pak Waskita semakin meyakini bahwa figur yang dikenalnya memang benar seseorang pilihan Allah Subhanahuwata’ala. Dari obrolan tersebut saya baru mengetahui perihal kebangkitan Islam yang akan datang (seperti diklaim oleh banyak golongan dengan pemahaman yang beda tentunya) akan dikomandoi oleh seorang Mujaddid yang dipilih setiap 100 tahun sekali.

Obrolan berlanjut dengan tanya jawab dari saya dan teman saya mengenai Abuya sendiri, keselarasan ajarannya dengan dunia pesantren, dan proses penggemblengan yang dilakukan terhadap jama’ah Abuya yang berdomisili di Malaysia. Intinya tidak ada perbedaan dari ajaran yang diajarkan Abuya dan ajaran yang sebelumnya saya dan teman saya peroleh. Namun, ada satu nilai yang berbeda yang tidak bisa saya temukan pada seorang tokoh agama Islam di dunia pesantren. Berbeda dengan para ajengan pada umumnya, karena Abuya adalah seorang Mujaddid yang akan mendirikan Daulah Islam, segala ilmu yang dimilikinya dituangkan dalam suatu sistem kemasyarakatan sebagai suatu miniatur kehidupan masyarakat Islam yang akan maju suatu saat nanti. Kehidupan Tasawuf yang menjadi sendi kehidupan asli umat Islam menjadi ciri khas utama dari miniatur tersebut. Namun, yang menjadi keunikan ketika saya bertanya tentang segala hal yang biasa dilakukan oleh kalangan Pesantren, Pak Waskita menjawab bahwa kebiasan seperti tahlil, pembacaan Manaqib, Marhabaan, dan yang lainnnya adalah kebiasaan Abuya juga.

Tak terasa obrolan kami sudah sekitar hampir dua jam. Di akhir obrolan saya bertanya mengenai orang-orang saya yakini memiliki kesolehan seperti Abuya yang berasal dari lingkungan Pesantren. Ada sebagian tokoh yang Pak Waskita kenali dan beliau rasa tokoh-tokoh tersebut tidak salah tapi memang belum sampai ke pangkat Mujaddid seperti Abuya. Beliau menambahkan bahwa sekarang ini Abuay sedang mempersiapkan Ikhwan-ikhwan yang akan dirindukan oleh Rasulullah melebihi kerinduannya kepada para sahabat-sahabatnya. Itulah salah satu ciri dari seorang Mujaddid. Akhirnya, kami mengakhiri obrolan dan langsung sholat Dzuhur berjama’ah. Di akhir pertemuan ketika saya dan teman saya hendak Idzin, Pak Waskita memberikan oleh-oleh satu buah kemasan Brownies yang akhirnya saya bagikan ke para santri/at di Pesantren Al Falah tempat saya tinggal. Terima Kasih banyak Pak…..

4 Balasan ke Ngobrol dua jam kurangan dengan Pak Waskita

  1. Makhfud mengatakan:

    Wah udah ketemu Pak Waskita ya🙂

  2. coxon3011 mengatakan:

    Wah, luar biasa. Perbincangannya. Saya belum tentu bisa terlibat pembicaraan tentang agama sedalam itu. Hebat Jae. Kalau punya ilmu bagi-bagi ya, dan tolong kawanmu yang satu ini diingatkan kalau sudah terlalu jauh melangkah.

  3. Abdul Qodir Jaelani mengatakan:

    Gak ko Din, biasa aja obrolan kami. Sama-sama ya Din, saya juga tolong diingetin juga kalo saya kebablasan.

  4. aboutmiracle mengatakan:

    Salam…

    this is really great STUFF…

    Keep strive to discover the creator…😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: