Kerja Praktek

Inilah hari pertama masuk Kerja Praktek di Perusahaan pimpinan Bapak Trio Adhiono, Phd. Dengan berbekal keberanian dan pengalaman magang sebelumnya selama dua minggu, hari ini saya langsung menuju gedung PAU tempat Perusahaan Versatile Silicon beroperasi. Ada lima orang dari subjur saya yang KP di tempat ini. Saya, Zaki, Aldi, Husnan, dan Jarwanto. Dari kelima orang tersebut yang paling awal berinteraksi denga perusahaan ini adalah Zaki dan saya. Jobdesk yang diberikan sangat terperinci dan dijelaskan oleh kakak pembimbing yang sebenarnya adalah kakak angkatan kami.

Hari pertama yang saya lakukan adalah melakukan simulasi kualitas suatu proses transmit dan receive suatu data yang dimodelkan dalam source code berekstensi .m. Software yang digunakan untuk melakukan simulasinya adalah Matlab 7.4.0 (R2007a) (asli gak ya??). Dengan beban kerja yang begitu berat (melakukan transmit data sebanyak 5 simbol), tentunya spesifikasi komputer yang diperlukan harus lumayan handal. Makanya di tempat saya kerja alhamdulillah saya diberi pinjaman PC dengan monitor LCD LG Flatron dan tentunya tuts Keyboard bermerk Logitech (walaupun gak terlalu baru tapi masih ma’nyus). Namun, prosesor yang digunakan masih AMD Sempron(TM) 3000+ 1.60 GHz 1.50 GB of RAM. Untungnya simulasi yang dilakukan tidak mesti pada PC tempat saya bekerja, tapi bisa dilakukan di server di lantai 4 (saya kan lantai 2) dengan menggunakan putty. Ketika terhubung dengan server di atas, tampilan yang digunakan bisa dalam bentuk GUI ataupun aplikasi UnderDOS (yang item itu lho). Hasil simulasi yang dilihat adalah nilai BER ratio yang harus sesuai dengan standar Wimax. Jenis modulasi yang digunakan pada simulasi pertama ini adalah QAM-64 karena pada simulasi sebelumnya nilai BER ratio-nya masih belum sesuai dengan standar Wimax. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu simulasi tergantung dari jumlah simbol yang dikirim. Jika simbol yang dikirim hanya lima berarti waktu yang dbutuhkan juga tidak akan sama dengan lamanya simulasi dengan jumlah simbol 100 bahkan bisa sampai 1000.

Mudah-mudahan KP saya di perusahaan yang tempat kerjanya di kampus ini tidak menemui kesulitan sehingga bisa benar-benar menghasilkan ilmu yang bermanfaat bagi saya di dunia dan terutama di akhirat. Satu lagi, siang ini saya sudah membeli sepeda BMX seharga Rp. 300.000, 00 khusus digunakan untuk bolak-balik ke kampus pas lagi KP dan kuliah nanti. Terima kasih kepada penjualnya. Nanti sambung lagi ceritanya

2 Balasan ke Kerja Praktek

  1. dhzcorner mengatakan:

    assalamualaikum..
    udah mulai aja nih jae..
    kayaknya ribet tuh!:P

  2. Makhfud mengatakan:

    Praktek kayak gini adalah cara belajar yang paling berkesan🙂

Tinggalkan Balasan

