Kebiasaan Sholatku……..

Dalam memahami agama yang saya pegang, saya harus sejalan dengan apa yang telah dilakoni oleh leluhur saya. Dengan mempelajari kitab yang sering saya baca, alhamdulillah saya merasa sudah bisa mengikuti apa yang dulu dilakoni leluhur saya. Amin………

Solat yang sering saya lakukan saya usahakan sesuai dengan apa yang dituliskan di kitab panduan rujukan saya (fathul mu’in). Secara dzhohir saya berusaha sama dengan tuntunan yang ada pada kitab tersebut. Namun, ketika saya berjama’ah seringkali saya menemukan sesuatu yang membuat saya melakukan hal yang saat jadi kebiasaan saya. Mufaroqoh namanya. Keadaan ini memang dianjurkan (setelah membaca dari kitab) ketika kita mengetahui bahwa imam telah melakukan sesuatu yang dianggap membatalkan sholat. Di lapangan, saya banyak menemukan hal tersebut (baca : Imam yang melakukan hal pembatalan). Bukan bermaksud diri sok sempurna, tapi ya kalo hati sudah menyatakan tidak sesuai, ya mau gimana lagi. Gerakan yang terlalu banyak sampai tiga kali, suara deheman yang tidak ditoleransi, dan yang paling penting bacaan imam yang menurut saya termasuk lahn (salah baca).

Menurut saya pribadi, hal-hal tersebut sudah dikategorikan membatalkan sholat. Sekali lagi, dalam hal ini saya tidak merasa diri lebih menguasai tentang ilmu sholat tersebut, tapi saya hanya mencoba sedikit mengamalkan apa yang telah saya pelajari. Mungkin hanya ketika awal sholat saya niat berjama’ah, setelah itu biasanya saya langsung menemukan hal-hal di atas. Mudah-mudahan Engkau tetap menerima sholatku Ya Allah……………………

Tinggalkan Balasan

