Kurikulum 2008 di ITB

Setelah menggodok dengan penuh konsestrasi akhirnya pihak ITB berhasil mengeluarkan kurikulum baru tahun 2008 ini. Dengan perubahan kurikulum ini, program studi saya kemungkinan akan terpecah menjadi tiga program studi. Masih rencana sih….. Jika diloloskan oleh Dekan dan disetujui senat kemudian disahkan oleh Majelis Wali Amanat ITB, maka tiga program studi yaitu Teknik Elektro (Kendali, Komputer, Elektronika, dan Biomedik), Teknik Tenaga Elektrik, dan Teknik Telekomunikasi akan muncul dengan kurikulum yang sudah dirancang pada awal semester tahun ini (semester ganjil 2008/2009).

Ada sedikit perubahan yang terjadi dengan adanya perombakan kurikulum ini. Pihak dosen sih mengklaim bahwa dengan perubahan ini sebenarnya tidak ada mahasiswa yang diuntungkan dan dirugikan. Namun, di pandangan kami mahasiswa justru kerugian lah yang menimpa kami. Dengan dibuangnya salah satu mata kuliah dari kuota sebelumnya, ataupun terjadi kerancuan akan jenis suatu mata kuliah kerap menjadi masalah baru bagi kami kali ini. Mana perwalian jadi diundur disatukan satu minggu dengan pengambilan KSM lagi. Apakah ini menunjukkan bahwa pihak dosen sendiri belum siap?? Dari hasil kemarin diskusi sosialisasi kurikulum pun ada sedikit ketidaksiapan dosen terhadap pertanyaan yang masih membingungkannya. Mudah-mudahan segala bentuk hambatan yang menghadang perubahan kurikulum ini bisa kami atasi.

Sekarang perubahan menjadi program studi…..

Memang dengan adanya perubahan ini KK yang sebelumnya masih bergantung diri ke program studi Teknik Elektro akan lebih punya wewenang dalam mengatur segala kegiatan perkuliahan ataupun administrasi yang diperlukan. Namun, ada sedikit kekahawatiran tentang belum adanya akreditasi dan ada dan tidaknya ikatan alumni. Karena yang sudah ada adalah Ikatan Alumni Elektro, bukan Ikatan Alumni Teknik Telekomunikasi ataupun Teknik Tenaga Elektrik. Dari pengalaman sebelumnya, dengan adanya ikatan alumni ini biasanya bisa membantu mahasiswa untuk mencari lapangan pekerjaan, membangun koneksi kerjasama, dan kegiatan lainnya.

Dengan segala keterbatasan analisis yang saya ungkapkan tadi, saya tetap ber-husnudzon ke pihak petinggi ITB tentang perubahan kurikulum ITB ini. Segala sesuatu yang mereka putuskan pasti sudah diolah dengan matang dan tentunya oleh pihak yang layak melakukannya.

Salam Ganesha, Bakti kami untukmu tuhan bangsa dan almamater, MERDEKA…

Satu Balasan ke Kurikulum 2008 di ITB

  1. Ahmad mengatakan:

    Assalamu’alakum wr wb. Hello kk2 senior, sy mahasiswa stei 2008, dari SMA saya memang berniat untuk masuk teknik elektro lalu masuk ke teknik kendali karena saya berkeinginan untuk membuat robot2 yang entarnya dipakai di industri2 atau pabrik. sekarang masalahnya karena sudah ada 3 prodi baru di stei (Tng Elktrk, Tel, SI) sy jadi takut kalau2 ntar karena prestasi sy kurang lalu daya tampung El udah kebanyakan sy jatuh ke prodi lain selain El,,, gmn donk???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: