Pelatihan Asisten Jaringan Telekomunikasi

Hari Sabtu kemarin setelah saya mengikuti kuliah Manejemen Jaringan Telekomunikasi selama dua jam, saya langsung mengikuti pelatihan untuk asisten jaringan telekomunikasi. Sebenarnya saya bolos pelatihan juga di kegiatan kaderisasi kru divisi elektron HME ITB, tapi apa boleh buat karena saya sudah bikin jadwal asisten Jartel duluan.

Pelatihan pertama dimulai dengan modul 1 yaitu set TCP/IP serta install server untuk FTP dan HTTP di FreeBSD. Kedengarannya ngeri bukan?? Tapi, jika sudah mencoba kita tidak terlalu rumit kok karena file installernya sudah tinggal nge-ekstrak terus di compile. Modul 1 ini memang ada sedikit kesalahan sehingga kita para asisten agak sedikit kewalahan (sedikit apa banyak??) dengan perubahan modul yang dilakukan. Karena terbatasnya waktu, sang Kordas langsung menginstruksikan kita untuk mengerjakan modul 3 karena modul 2 bisa dikerjakan sendiri di rumah pake Boson tanpa Cisco Router. Namun, karena keterbatasan hardware yang ada di Lab. modul 3 ini tidak bisa dilakukan. Selain itu, server yang digunakan untuk VoIP juga masih dalam bentuk VMWare sementara, sehingga ketika banyak user yang mengakses server tersebut, maka seketika pula server tersebut nge-hang. Mudah-mudahan tidak terjadi hal serupa ketika nanti pelaksanaan praktikum oleh praktikan.

Pelatihan selesai jam 14.00 dan langsung sholat. Mudah-mudahan ilmu yang saya peroleh bisa diamalkan ketika nanti saya menjadi asisten. Amin ya Robbal ‘Alamin…

2 Balasan ke Pelatihan Asisten Jaringan Telekomunikasi

  1. Fela Rizki Wardana mengatakan:

    oh kamu ikutan kaderisasi elektron juga ya Jae?
    kemarin kita dikasi tugas bwt kaderisasi sabtu bsk, suruh bikin karya tulis apapaun dengan tema bebas, apa aja, trus ditaruh aja di blog kamu yg khusus bwt kaderisasi elektron.
    oya, udah bikin motivasi blm? kalo blm, kata Joko Tommy, maksimal hari senin, format ieee kaya laporan labdas jaman kita dulu.

    oya Jel, sekalian ngasi tau juga,jgn lupa nge-link dan berkunjung ke blog saya ya, masih baru sih, msh cupu awak ini, frwardana.wordpress.com
    makasih

  2. bintang mengatakan:

    eh, ada cakru leketron juga neh😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: