Tauhid

Pemahaman dalam ilmu tauhid memang harus bersifat mutlak. Jika benar, maka balasannya surga dan abadi di dalamnya. Namun, jika salah maka balasannya adalah neraka dan abadi di dalamnya Na’udzubillahi mindzalik.

Kenyataan tersebut akan sangat kita takuti ketika kita mengetahui bahwa ada salah seorang pakar ilmu tauhid sekaligus salah satu Imam besar di ilmu tersebut (baca : Imam Sanusi) mengatakan bahwa syarat mutlak keimanan dalam tauhid harus didasari dengan dalil baik itu dalil Naqli ataupun dalil ‘Aqli. Begitu pentingnya pemahaman terhadap dalil-dalil tersebut sehingga membuat pernyataan seseorang yang sebenarnya rela mengorbankan dirinya demi agamanya tidak berarti apa-apa. Bahkan dalam matan kitab Kifayatul ‘Awam dijelaskan bahwa keimanan seseorang tidak dikatakan benar selagi dia tidak mengetahui sekaligus memahami sifat-sifat Allah beserta dalil-dalilnya walaupun dia siap mengorbankan nyawanya demi “keimanan” yang di anggap benar olehnya. Cukup freak bukan pernyataan Imam Sanusi tersebut?? Dari ketetapan penjelasan tersebut kita bisa mengetahui bahwa kebenaran keyakinan dalam hati tentang masalah agama (baca : ilmu tauhid) sangat penting dan melebihi perbuatan dzohir dengan menggunakan anggota badan walaupun dibarengi dengan kerelaan mengorbankan nyawa dan jiwa.

Lebih jauh lagi tentang masalah kompensasi terhadap kekurangfahaman tentang ilmu tauhid, ulama menjelaskan bahwa ibadah seseorang baik itu bersifat mahdloh seperti sholat, ataupun ibadah ghoir mahdloh seperti silaturahmi dan berbuat baik, tidak sah selama dia tidak tahu dan memahami tauhid minimal seperti yang telah dijelaskan tadi sebelumnya. Tidak sah berarti tidak ada pahala yang diperoleh oleh orang yang melakukannya. Na’uudzubillaahimindzaalik….

Semoga Allah memberikan kita pehamanan terhadap ilmu pengesaan diri-Nya sesuai dengan ilmu yang ditempuh oleh para ulama terdahulu… Amin…

Wallahua’alam…

2 Balasan ke Tauhid

  1. hamid mengatakan:

    tauhid paling susah je
    kalo udah ngerti g boleh terlalu lama belajarnya
    bisa sesat nanti
    tapi kalo udah dapet
    deg
    enak banget belajar tauhid
    hati bener2 kebuka

  2. zul mengatakan:

    dasar dari kebaikan seorang muslim yakni agidah dan manhaj yang benar, mari kembali ke manhaj salafush soleh yang haq

    300 RIBU MENJADI 22 JUTA DALAM 100 HARI
    mampir ke blog ku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: