Interview Kerja

Walaupun saya belum lulus, tapi saat ini saya sedang mencari kerja di berbagai perusahaan yang menawarkan lowongan yang sesuai dengan latar belakang akademik saya.
Di tulisan ini saya ingin share tentang proses interview yang pernah saya alami. Pengalaman ini saya share bukan berarti saya berhasil melewati tes interview karena pada dasarnya proses seleksi kerja di suatu perusahaan bukan berarti mencari jawaban yang tepat, tapi mencari kecocokan dari orang yang mengeluarkan jawaban itu. Bingung kan? kita simak aja di bawah ini.

Kemarin kebetulan saya di interview di salah satu perusahaan elektrik asing di Indonesia. Seperti biasa, tahapan interview yang kita hadapi di seleksi kerja biasanya dua, yaitu interview HRD dan User. Di interview HRD kita akan dihadapkan pertanyaan seputar keseharian kita, motivasi, visi, pengetahuan tentang profil perusahaan, kesuksesan dan kegagalan yang pernah diraih, menghadapi suatu masalah, adaptasi dengan lingkungan kerja, dan lain-lain.

Di web yang lain mungkin penjabarannya lebih detail. Saya akan mencoba post di tulisan yang lain. Tapi, intinya dari interview HRD ini, kita harus bisa tenang diri, jangan sampai pertanyaan dari interview berbuah jawaban yang blunder dari kita. Dua interview terakhir saya kemarin pun berbuah blunder. Kita harus anggap interviewer (pewawancara) tersebut adalah orang seperti kita juga, jangan canggung untuk berargumen, berdiskusi, dan yang paling penting tatap selalu matanya.

Dari interview HRD ini, biasanya kita langsung ke interview user dimana pertanyaan yang ditujukan akan berkutat seputar teknis posisi yang kita lamar. Nah, kalo yang ini mesti buka buku-buku kuliah lagi.
Semoga bermanfaat dan sukses selalu. Amin….

Satu Balasan ke Interview Kerja

  1. F4154LMAN mengatakan:

    hoo.. nice inpo gan😉

Tinggalkan Balasan

