Tahsin

Bulan Ramadlan kali ini benar-benar akan saya habiskan sepenuhnya jauh dari rumah. Tapi, sekali lagi saya tekankan pasti ada hikmah di balik semua ini.

Hikmah yang pertama, ternyata di tempat ini saya bisa bertemu dengan seorang yang sudah hafal Al Qur’an 30 Juz dengan makhroj yang menurut saya sempurna. Subhanallah adalah ucapan pertama yang saya ucapkan ketika mendengar tilawah beliau. Terbesit ide untuk menawarkan diri menjadi muridnya karena merasa Tahsin diri masih jauh dari semisalnya. Dan akhirnya sekarang saya sudah menjadi muridnya, Alhamdulillah.

Pertemuan pertama ternyata seperti yang saya tebak, penuh dengan koreksi. Bacaan saya masih jauh dari benar. Ini salah, itu kurang, ini lebih, itu tidak tepat, pokoknya malu tak terbayang saya ini. Harus konsisten di salah satu mad pun masih belum bisa saya terapkan. Padahal dulu saya pernah diskusikan itu dengan teman-teman di kampus. Wuah,,,,,, susah benar memang untuk bisa tilawah dengan baik.

Salah satu ajaran dari beliau adalah tentang ketepatan dalam mengeluarkan huruf dari mulut kita. Beliau menyarankan agar setiap pengucapan huruf harus dibarengi dengan power. Jangan sekali-kali ragu dalam pengucapan karena salah benar akan terlihat dengan jelas. Untuk memudahkannya sering berlatihlah dengan membaca Al Qur’an dengan suara lantang, jangan hanya baca berbisik-bisik saja. Artikulasi yang jelas, jika fathah mulut harus terbuka, jika dlommah mulut harus sedikit monyong (terlebih jika ada pemanjang huruf wawu), dan jika kasrah otomatis mulut harus agak ke bawah. Berulang-ulang kali mengucapkan a-i-u dengan cepat akan lebih membantu kita untuk membiasakan diri.

Pertemuan pertama ini lebih menyadarkan saya untuk terus berlatih, menghilangkan kemalasan, dan sadar diri akan pentingnya belajar tahsin. Mudah-mudahan bermanfaat.

Satu Balasan ke Tahsin

  1. Ika Novitasari mengatakan:

    Subhanallaah
    jadi pengen menghafal juga..
    [amiin ya roob]

    [hiks.. hiks..]
    tapi koq bacaannya masih amburadul gini ya..
    wah kudu di upgrade dulu nich..

    semangat jae.. semangat gak males belajar😀

Tinggalkan Balasan

