Angin di Kalimantan

Inilah Kalimantan, salah satu pulau di Indonesia yang tepat dilewati garis Khatulistiwa. Sebagian besar daerah di sini adalah daerah daratan yang berawa, dengan karakteristik sungai yang datar dan sangat lebar. Berbeda dengan daerah Jawa, di sini angin yang berhembus tidak menyebabkan dingin. Tidak tau hanya di daerah Banjarbaru saja, atau seluruh Kalimantan. Hujan yang disertai angin pun tidak sedikitpun terasa dingin. Pernah saya diam di ruangan ber-AC, dan keadaan di luar hujan berangin. Ketika terbuka sedikit pintu, malah udara hangat yang saya rasakan, tak sedikitpun terasa dingin.

Penasaran dengan angin ini, akhirnya saya googling, tapi tidak ada informasi yang saya dapatkan tentang karakteristik angin di Kalimantan ini. Hipotesa saya, karena berada di garis Khatulistiwa, angin di sini tidak menyebabkan udaranya dingin, walaupun disertai hujan. Seperti yang kita tahu, daerah Kalimantan memiliki udara yang hangat, bahkan sangat terasa panas jika di siang hari. Di balik semua itu, saya yakin ada hikmah yang masih belum bisa kita gali. Apakah kita bisa memanfaatkan perbedaan karakteristik angin ini? Who knows….

3 Balasan ke Angin di Kalimantan

  1. Ika Novitasari mengatakan:

    wah.. sauna gratis nich ^_^

  2. Qathrunnada mengatakan:

    Sing betah yah :)dan semoga sukses disana, fighting !!

Tinggalkan Balasan

