Teriakanku berniat memohon Rahmat-Mu

Allahumma Sholli ‘alaa Rosulika sayyidina wahabibina wasyafi’ina wadzukhrina wamaulaana Muhammad…..Allohumma sholli wa sallim ‘alaih….

Itulah salah satu ucapan Bilal sholat tarawih di kebanyakan Mesjid di Banjarbaru. Ucapan itu tidak jauh berbeda dengan bacaan Bilal di Mesjid Pesantrenku Al Falah Dago Bandung. Oh iya kawan, mungkin ada kawan bertanya apa sih Bilal itu? Di lingkungan Pesantren seorang Imam seringkali ditemani seorang Bilal dalam memimpin ma’mumnya. Tugas Bilal tersebut adalah mengucapkan bacaan sebelum Imam memimpin Sholat. Tugas ma’mum adalah menjawab apa yang dibacakan Bilal dengan jawaban yang sesuai. Bilal biasanya bertugas ketika Sholat Jum’at dan Sholat Tarawih berjama’ah. Aku sendiri tak tahu kawan kenapa bisa disebut Bilal. Mungkin karena pada zaman Nabi Muhammad perihal tersebut dicontohkan oleh Bilal? Mungkin saja.

Beginilah, aku tetap seorang santri dimanapun aku berada. Tak peduli di tanah kelahiranku ataupun di bumi perantauanku. Begitu pula dengan tugasku pada Ramadlan ini, tak berbeda dengan tugasku di Pesantrenku dulu. Aku menjadi Bilal kawan. Pengalaman pertama, seperti biasa. Gugup menyertaiku karena ku takut salah ucap. Tapi, ku teringat akan Rahmat yang Allah turunkan di sepuluh hari pertama Ramadlan ini. Sejurus kemudian aku berniat menjadikan Teriakanku tuk memohon Rahmat-Mu. Percayalah kawan, dengan niat tersebut kegugupanku semakin terkikis. Bukan hanya karena lebih terbiasa, tapi kuyakin ada kekuatan dari niat dan do’a.

Ya Allah jadikanlah mulutku ber-Bilal dengan niat untuk-Mu
Mulutku, yang selalu kugunakan berma’shiat kepadamu
Mulutku, yang akan menjadi saksiku kelak di hari pembalasan-Mu
Mulutku, yang bisa menuntunku untuk berucap Syahadat ketika sakaratul maut menjemputku,,,,,,,,,
Ya Allah perkenankanlah do’amu

Teruntuk kawan yang ingin tahu bacaan Bilal……klikdi sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: