Iklim yang berubah

Innalillahi, telah meninggal seorang warga di Jawa Timur karena tertimpa pohon tumbang yang dihantam angin. Ternyata angin yang saya rasakan di Kalimantan ini terjadi juga di Pulau Jawa. Sangat besar, dan sangat berbahaya.

Adanya angin pengrusak tersebut disebabkan oleh perubahan iklim yang terasa juga di belahan dunia lain. Di Brazil misalnya, lebih dari 500 orang tewas karena banjir yang tercatat sebagai banjir terparah dalam empat dekade. Tentunya kalkulasi kerugian materi akan membuat kita kaget juga. Allahu Akbar. Tak berbeda dengan Brazil, Australia pun terkena dampak perubahan iklim ini. Banjir air bah melumpuhkan lebih dari ribuan mobil di kota Brisbane, namun saya tidak tahu berapa jumlah korban yang tewas.

Jika kita bertanya, siapakah yang patut disalahkan atas perubahan iklim ini? Apakah seratus persen kesalahan manusia? Ataukah hewan bisa disalahkan juga?

Manusia telah Allah karuniai dengan akal dan nafsu. Nafsu mempunyai kecenderungan kepada sesuatu yang baik atau buruk, sedangkan akal bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Jika nafsu manusia tidak bisa dikendalikan oleh akal, maka fatal-lah akibatnya. Berbeda dengan manusia, hewan hanya dikaruniai nafsu. Setiap apa yang dia inginkan harus dia peroleh, tanpa mempedulikan baik atau buruk cara memperolehnya. Namun ketika dia sudah cukup, dia langsung berhenti. Kembali ke manusia, jika dia tidak bisa mengendalikan nafsunya, maka akibatnya akan lebih parah dari akibat nafsu hewan tadi. Seekor macan jika dilepas ke hutan paling hanya memakan hewan herbivornya saja. Tapi manusia, selain dia memburu hewannya, dia mengambil kayunya, memangkas bukitnya, dan membangun rumahnya di sana. Jadi, pantaskah hewan disalahkan atas berubahnya iklim ini? Renungkanlah kawan…..

Allahummaghfirlanaa dzunuubanaa waliwaalidiinaa walimasyaayikhinaa waliman ahabba wa ahsana ilainaa wa liman aushoona biddu’ai….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: