Substation Automation

Itulah istilah untuk Gardu Induk yang bisa diautomasi. Yup, semua fungsi yang ada di GI baik itu proteksi, pengukuran, control open close CB bisa dilakukan jarak jauh. Jika kita bahas lebih lanjut, istilah tersebut cocok untuk menggantikan Scada Advanced Version. Kenapa? Kita bahas di bawah ini…

Kita bahas terlebih dahulu dari sisi pembagian panel. Dalam bentuk konvensional, biasanya panel kontrol dan proteksi berada di panel yang berbeda. Tentu saja, sebelum masuk ke panel kontrol terlebih dahulu terminal dilakukan wiring secara hard di Marselling Kiosk. Setelah melalui panel proteksi, bagian selanjutnya adalah Gateway SCADA yang akan meneruskan data ke HMI. Nah, hal itu tidak kita temukan di Scada Modern.

Di Scada Modern atau yang tadi kita sebut dengan istilah Substation Automation, kedua panel tersebutdisatukan dalam satu rak, sehingga dua fungsi sebagai kontrol dan proteksi bisa di-rack dalam satu panel. Kesatuan antara control dan proteksi tadi sering disebut dengan istilah Bay Control Unit (BCU). Akan tetapi, proteksi yang ada di BCU hanya sebagai Back up proteksi dari Main Protection yang di-include di bagian bawah panel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: