Dua puluh hari……..

<!– /* Font Definitions */ @font-face {font-family:”Cambria Math”; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:1; mso-generic-font-family:roman; mso-font-format:other; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 0 0 0 0 0;} @font-face {font-family:Tahoma; panose-1:2 11 6 4 3 5 4 4 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:1627400839 -2147483648 8 0 66047 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”,”serif”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt;} @page Section1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 90.0pt 72.0pt 90.0pt; mso-header-margin:35.4pt; mso-footer-margin:35.4pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin:0cm;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Apakah yang sudah kita kerjakan di dua puluh hari pertama bulan Ramadlan ini? Pertanyaan itu bisa menjadi renungan kita sekaligus bahan muhasabah agar sepuluh hari terakhir ini bisa kita maksimalkan. Jika dilihat dari kualitasnya, memang sepuluh hari terakhir ini keunggulannya tidak bisa dikalahkan oleh dua puluh hari sebelumnya dengan Laulatulqodar sebagai ujung tombaknya.

Rahasia momen Laulatulqodar memang sengaja Allah jaga agar manusia tidak hanya melaksanakan ibadah dengan penuh pada momen tersebut. Namun, ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa momen Laulatulqodar tersebut bisa kita tebak dari awal bulan Ramadlan. Diantaranya adalah Imam Ghozali Rodliyallahu ‘anhu. Beliau berpendapat bahwa jika tanggal satu Ramdlan jatuh pada hari minggu atau rabu maka momen Laulatulqodar jatuh pada tanggal 29 Ramadlan. Jika tanggal satu jatuh pada hari senin maka momen Laulatulqodar terjadi pada tanggal 21 Ramadlan. Kemudian jika tanggal satu jatuh pada hari selasa atau jum’at maka momen Laulatulqodar jatuh pada tanggal 27 Ramadlan. Selanjutnya momen Laulatulqodar akan jatuh pada tanggal 25 Ramadlan jika tanggal satu jatuh pada hari kamis. Terakhir, momen Laulatulqodar akan jatuh pada tanggal 23 Ramadlan jika tanggal satu jatuh pada hari sabtu. Begitulah pendapat Imam Ghozali Rodliyallahu ‘anhu yang sering dijadikan pegangan para santri-santriwati di pondok pesantren salafy.

Ibadah yang dilakukan pada momen Laulatulqodar tersebut biasanya dibebaskan tergantung dari kebiasaan tiap individu orang. Namun, biasanya sholat sunnah Tasbih biasanya menjadi amal ibadah favorit yang sering dilakukan pada malam ini. Intinya, semua amal ibadah apapun bisa kita kerjakan pada momen Laulatulqodar ini dengan pahala seperti kita melakukan ibadah tersebut selama 1000 bulan.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa momen Laulatulqodar ini adalah salah satu keistimewaan bulan yang penuh ampunan ini. Namun, berbeda dengan momen turunnya Al Qur’an pada tanggal 17 Ramadlan, momen Laulatulqodar ini biasanya tidak diisi dengan kegiatan syi’ar islam seperti pengajian dan acara tausyiah karena keterbatasan pengetahuan manusia akan waktu terjadinya momen Laulatulqodar ini. Simpulnya, penulis berharap mudah-mudahan kita bisa mendapatkan barokah momen Laulatulqodar dengan mengisinya penuh dengan kegiatan peribadahan yang kita sukai.

Wallahua’alam bishshowab…………..

Kategori Blogroll

Tinggalkan komentar

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close